PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENJAS
1.Perencanaan Pembelajaran Penjas
perencanaan pembelajaran penjas berasal dari kata rencana yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.Dr.H.Buhari Luneta ,M.pd. (2023:3).Menurut KKBI bahwa perencanaan adalah proses, cara, perbuatan merencanakan (merancangkan). Perencanaan adalah kegiatan menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara cara untuk mencapai tujuan tersebut.Hani Handoko (dalam kurniawan dan Khairi, 2022).”mengemukakan bahwa perencanaan (planning) adalah pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentu srategi, produser, kebijakan, proyek, program,metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan”.
Menurut Sanjaya(2008) Perencanaan adalah proses merancang pengalaman belajar yang sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efesien.
Tujuan perencanaan
1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
2. Meningkatkan Partisipasi Siswa: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa.
3. Meningkatkan Keterampilan dan Kemampuan Siswa: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas fisik.
4. Meningkatkan Kesadaran Siswa tentang Pentingnya Kesehatan dan Kebugaran Jasmani: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kesehatan dan kebugaran jasmani.
5. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Sumber Daya: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dalam menggunakan waktu dan sumber daya.
6. Meningkatkan Kualitas Guru: Perencanaan membantu guru untuk meningkatkan kualitasnya dalam merancang dan mengimplementasikan kegiatan pembelajaran.
7. Meningkatkan Kepuasan Siswa: Perencanaan membantu guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kepuasan siswa dalam proses pembelajaran. Referensi tujuan ini dapat di gunakan sebagai acuan perencanaan pembelajaran penjas buku”Pendidikan Jasmani”oleh prof.Dr.M.Surya: Buku ini menjelaskan tentang konsep dan prinsip pembelajaran penjas termasuk tujuan perencanaan pembelajaran.
Ruang lingkup perencanaan pembelajaran penjas
Pendapat: Hidayati, N. (2020)
Ruang Lingkup: Hidayati menjelaskan bahwa ruang lingkup perencanaan pembelajaran penjas mencakup beberapa aspek, yaitu:
•Materi permbelajaran: pemilihan konten yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
•Metode pengajaran: Strategi yang digunakan untuk menyampaikan materi.
•Media pembelajaran: Alat dan sumber yang digunakan untuk mendukung proses belajar.
•Penilaian dan Evaluasi: Proses untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik. (Sumber: Hidayati, N. “Ruang Lingkup perencanaan pembelajran pendidikan jasmani”. Jurnal pendidikan san kebugaran, 2020.
Komentar
Posting Komentar