Perencanaan Pembelajaran Penjas

PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENJAS

Sekolah            : SMA 9 Banda Aceh

Mata Pelajaran : PJOK

Kelas                : VII (Delapan) / II (dua)

Alokasi  Waktu : 2 x 40 menit x 3 Pertemuan

A.  Kompetensi Inti (KI) (lihat Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018)

KI 1 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 2 :Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 3              :Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

A.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri

3.4.1     Mengidentifikasi variasi dan kombinasi rangkaiandalam pencak silat.

3.4.2           Menjelaskan variasi kombinasi rangkaianjurusdan jurus dalam pencak silat.

3.4.3     Menjelaskan cara melakukanvariasi dan kombinasi rangkaian jurus dalam pencak silat.

4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi

gerak spesifik seni beladiri.

4.4.1   Melakukan variasi dan kombinasi rangkaian

jurus dalam pencak silat.

4.4.2      Menggunakan    variasi    dan  kombinasi rangkaian jurus dalam pencak silat.


    B. Tujuan Pembelajaran

    Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model discovery dengan pendekatan                saintifik ini peserta didik diharapkan Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan     dapat memahami dan melaksanakan sikap, pola langkah, teknik gerakan pukulan, tendangan, tangkisan,                elakan, serta pertandingan pencak silat dengan benar dan koordinasi yang baik. Tujuan pembelajaran ini adalah     agar peserta didik dapat menguasai keterampilan dasar pencak silat dan mengaplikasikannya dalam situasi            pertandingan dengan perilaku sportivitas, kerja sama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan     toleransi.

    C. Materi Pembelajaran
    
    Materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik meliputi kegiatan yang                berkaitan dengan permainan sepakbola. Materi tersebut akan dibahas secara spesifik sebagai
    mana yang terdapat dalam lampiran Rencana Pelaksananan Pembelajaran ini. Adapun materi        yang akan dibahasa meliputi

1.       Pengertian Aktivitas Bela Diri

2.       Pengertian Pencak Silat

3.       Sejarah Perkembangan Pencak Silat

4.       Teknik Dasar pola gerak pencak silat

5.       Macam Macam Teknik Pencak Silat

    D. Pendekatan, dan Model Pembelajaran

    Metode                 : Tanya Jawab, diskusi, penugasan, demonstrasi, praktik dan Bermain                Model                   : Problem Based Learning (PBL)

    Pendekatan          : Scientific

    H. Fasilitas, Alat dan Media pembelajaran

1.     Fasilitas :

Fasilitas untuk pembelajaran materi teknik dasar gerakan pencak silat untuk siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banda Aceh Fasilitas untuk pembelajaran materi teknik dasar gerakan pencak silat harus disiapkan dengan baik. Ini termasuk ruang khusus dengan lantai yang sesuai untuk latihan , serta guru pengajar dalam seni bela diri . Selain itu, program pembelajaran telah dirancang untuk memperhatikan tingkat pemahaman dan keterampilan siswa, dengan penekanan pada keamanan, disiplin, dan pengembangan kemampuan fisik dan mental mereka

 

2.     Alat dan Media Pembelajaran

Peralatan yang dipergunakan untuk mendukung proses pelaksanaan pembelajaran ini terdiri dari

2.1.  MatrasDigunakan untuk latihan di lantai, matras atau tikar memberikan perlindungan saat siswa berlatih teknik jatuh, gulung, dan lainnya.

2.2 Video pembelajaran dapat digunakan untuk memperlihatkan teknik-teknik pencak silat secara visual, baik dalam bentuk demonstrasi maupun analisis gerakan.

 

Disamping itu juga disiapkan media online dalam bentuk video dengan aplikasi Youtube. Media tersebut diharapkan agar peserta didik mampu melakukan Pola Pembentukan Sikap                  PencakSilatLink                  youtube                           tersebut                                                          sebagai https://youtu.be/axIiwOQAbmg?si=QwTu66c3uTumaFaA                                                         dan Video pembelajaran tentang teknik dasar pencak silat sebagai berikut https://youtu.be/m1-- H29t6HY?si=w-y9hQtYUsxfQl7d .. Selanjunya guru akan menyampaikan model pembelajaran materi passing yang akan diperagakan

I.    Sumber Belajar

 

Muhajir. 2017. Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kurikulum 2013 SMP/M.Ts Kelas VII. Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Itu ini belajar. 2021 Teknik Dasar Pencak Silat. https://youtu.be/m1-- H29t6HY?si=KA_b8nipTtlAA67E di akses 19 maret 2024 pukul 10.56 wib

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENJAS

PERENCANAAN PEMBELARAJAN PENJAS

PENCEGAHAN PERAWATAN CEDERA